Info Sekolah
Jumat, 19 Jul 2024
  • Jadwal daftar ulang PPDB 2024 dapat dilihat pada situs ini
  • Jadwal daftar ulang PPDB 2024 dapat dilihat pada situs ini
14 Mei 2024

Gelaran Pameran dan Seminar Perjalanan Historis Pelabuhan Semarang sebagai Bagian Jalur Rempah Nusantara yang Inovatif

Sel, 14 Mei 2024 Dibaca 86x

Pameran dan seminar sejarah lokal pelabuhan Semarang merupakan kegiatan yang di selenggarakan oleh kelompok mata kuliah proyek kepemimpinan PPG jurusan Sejarah gelombang I 2023 Universitas Negeri Semarang. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Perjalanan Historis Pelabuhan Semarang Sebagai Bagian Jalur Rempah Nusantara”, diikuti oleh berbagai SMA di kota Semarang yang salah satunya adalah SMAN 16 Semarang. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 26 April 2024 di Aula SMA N 14 Semarang. Dalam pelaksanaan seminar dan pameran, tim mahasiswa PPG Prajabatan Unnes berkolaborasi dengan dua narasumber, yaitu Dra. Retno Puspitosari, M.Hum, dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, dan  Nanda Julian Utama, S. Pd., M. Hum, Dosen Sejarah di Universitas Negeri Semarang.

SMA Negeri 16 Semarang menyambut baik kegiatan pameran dan seminar tersebut dengan mengirimkan delegasi siswa dan guru. 4 siswi atas nama 1.) Auliya Gadis Apriliza, 2.) Marsha Harpaselina Tanjung Syafana, 3) Nabilla Riyanda Oktavia Ramadhani, 4.) Rahma Zaida Nafi’a, dan guru sejarah bapak Ahmad Ulinuha S.Pd ditugaskan untuk menjadi delegasi SMA 16 Semarang pada kegiatan tersebut. Setiap delegasi berpartisipasi dengan turut memamerkan karyanya di ruang pameran. Rahma Zaida dkk membuat karya dalam bentuk poster 3 dimensi tentang sejarah jalur rempah nusantara yang di buat dalam bentuk kotak misteri, serta membuat poster digital tentang sejarah pelabuhan semarang. Selain itu, berbagai rempah-rempah asli Nusantara juga dipamerkan untuk lebih memperkenalkan kekayaan rempah secara nyata kepada pengunjung. Delegasi SMA 16 Semarang terlibat aktif dalam kegiatan pameran dan seminar tersebut, dengan interaktif menjelaskan karyanya kepada pengunjung pameran, hingga puncaknya salah satu delegasi SMA 16 Semarang mendapatkan penghargaan peserta teraktif dalam klegiatan pameran dan seminar tersebut.

Ketua pelaksana kegiatan Zaenal Fathoni tersebut menjelaskan bahwa tujuan utama dari seminar dan pameran ini adalah untuk menghidupkan rasa cinta siswa terhadap sejarah lokal Semarang dan untuk memperkenalkan kembali kekayaan Nusantara melalui rempah-rempah yang menjadi komoditi kekayaan luhur bangsa ini. Kegiatan tersebut menstimulus siswa-siswa untuk menjelajahi lebih dalam tentang sejarah kota Semarang, khususnya peran penting pelabuhan dalam perjalanan rempah-rempah di Nusantara,” katanya.

Penulis : Zaenal Fathoni (PPG Prajabatan UNNES 2023)
Editor : Ahmad Ulinnuha (Guru SMAN 16 Semarang)

Dokumentasi

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar