Info Sekolah
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Jadwal daftar ulang PPDB 2024 dapat dilihat pada situs ini
  • Jadwal daftar ulang PPDB 2024 dapat dilihat pada situs ini
26 Februari 2024

SMAN 16 Semarang Gelar Upacara Rutin Setiap Hari Senin untuk Membangun Semangat Kebangsaan dan Kedisiplinan Siswa

Sen, 26 Februari 2024 Dibaca 6x Info Sekolah

Semarang, 26 Februari 2024 – SMA Negeri 16 Semarang menyelenggarakan upacara bendera rutin setiap hari Senin pagi sebagai salah satu upaya untuk menanamkan rasa nasionalisme dan kedisiplinan kepada para siswanya. Upacara ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan staf sekolah dengan khidmat.

Acara upacara bendera diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Kepala sekolah SMA Negeri 16 Semarang, Dr. Sri Wahyuni, M.Pd., dalam amanatnya menyampaikan tentang pentingnya nilai-nilai nasionalisme dan kedisiplinan bagi para siswa. Beliau juga mengingatkan para siswa untuk selalu menghormati guru dan orang tua serta fokus dalam belajar untuk mencapai prestasi yang gemilang.

Upacara bendera rutin ini tidak hanya menjadi sarana untuk menanamkan rasa nasionalisme dan kedisiplinan, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara seluruh warga sekolah. Selain itu, upacara bendera ini juga menjadi momen untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan meneladani semangat para pahlawan.

Manfaat Upacara Bendera Rutin di Sekolah:

  • Menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air: Upacara bendera merupakan salah satu cara untuk menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada para siswa. Pengibaran bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dapat membangkitkan rasa bangga dan hormat terhadap bangsa dan negara.
  • Meningkatkan kedisiplinan: Upacara bendera juga dapat membantu meningkatkan kedisiplinan para siswa. Siswa diharuskan untuk datang tepat waktu, mengikuti aba-aba dengan tertib, dan menjaga kekhusyukan selama upacara berlangsung.
  • Memperkuat rasa persatuan dan kesatuan: Upacara bendera dapat menjadi wadah untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara seluruh warga sekolah. Siswa dari berbagai latar belakang suku, agama, dan ras bersatu padu dalam mengikuti upacara bendera.
  • Mengenang sejarah perjuangan bangsa: Upacara bendera juga menjadi momen untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan meneladani semangat para pahlawan. Kisah-kisah kepahlawanan dapat diceritakan dalam amanat pembina upacara sehingga dapat memotivasi para siswa untuk belajar dengan giat dan berprestasi.

SMAN 16 Semarang berkomitmen untuk terus menyelenggarakan upacara bendera rutin setiap hari Senin sebagai bagian dari upaya untuk membangun karakter bangsa dan generasi muda yang berprestasi.

Kontak:

SMA Negeri 16 Semarang Jalan Ngadirgo, Mijen Semarang

Website: https://sman16smg.sch.id/

Telepon: +62 8112740409

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar