Semarang, 13 September 2024 – SMA Negeri 16 Semarang adakan kegiatan Kemah Karakter yang berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat (12-13 September 2024). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 10 dengan total 209 peserta didik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila, yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif . Kegiatan kemah karakter diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 16 Semarang, dalam sambutannya Dr. Sri Wahyuni S.Pd. M.Pd. menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan potensi diri dan melatih jiwa kepemimpinan serta menumbuhkan karakter Pancasila dalam diri peserta didik.
Kemah karakter sebagai salah satu bentuk kegiatan ekstrakurikuler atau pembelajaran di luar kelas, dirancang untuk memfasilitasi pencapaian profil pelajar Pancasila. Penguatan Nilai-nilai Karakter seperti Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia dapat terlihat dalam kegiatan Kegiatan keagamaan seperti doa Bersama, sholat, dan sebagainya. Karekter Berkebinekaan global dapat terlihat dalam Kegiatan yang melibatkan peserta dari berbagai latar belakang dapat menumbuhkan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan. karakter Bergotong royong dapat terlihat dalam kegiatan membangun tenda, memasak bersama, dan kegiatan kelompok lainnya melatih peserta untuk bekerja sama dan saling membantu. Mandiri dapat terlihat dalam kegiatan berkemah menuntut peserta untuk mandiri dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bernalar kritis dapat terlihat dalam kegiatan pemecahan masalah, seperti saat membangun tenda atau mengikuti kegiatan outbound, melatih peserta untuk berpikir kritis dan mencari solusi. Dan kreatif dapat terlihat dalam kegiatan seni, permainan, dan inovasi dalam mengatasi tantangan selama kemah dapat merangsang kreativitas peserta.
Kemah karakter juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengembangkan berbagai kompetensi yang dibutuhkan untuk mencapai profil pelajar Pancasila, seperti Kompetensi social, kompetensi diri, dan kompetensi belajar. Kompetensi social dapat dicapai dengan berinteraksi dengan orang lain, berkomunikasi efektif, dan menyelesaikan konflik. Kompetensi diri dapat dicapai dengan Mengelola emosi, mengatur waktu, dan mengambil keputusan. Dan Kompetensi belajar dapat dicapai dengan Belajar mandiri, mencari informasi, dan memecahkan masalah. Selain kompetensi tersebut melalui pengalaman langsung dalam kemah karakter, peserta dapat belajar dengan lebih bermakna. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di alam terbuka, jauh dari rutinitas sehari-hari, memberikan pengalaman belajar yang unik dan tidak terlupakan. Trini Sri Sugiyanti, S.Th. selaku ketua panitia kegiatan, menyampaikan rasa syukur atas suksesnya pelaksanaan kemah karakter. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan menjadi bekal bagi mereka untuk menghadapi masa depan,” ujarnya. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan siswa SMAN 16 Semarang dapat tumbuh menjadi generasi muda yang berkualitas, berkarakter, dan mampu menghadapi tantangan zaman. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan diri peserta didik. Dengan demikian, kemah karakter dapat menjadi bagian integral dari upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencetak generasi emas Indonesia yang berkarakter, kompeten, dan berdaya saing.