Penulis : Reni Dwi Wardani, S.Pd

KISS atau kependekan dari Kajian Sebulan Sekali merupakan kegiatan keagamaan rutin di SMAN 16 Semarang yang diselenggarakan sebulan sekali pada hari jumat minggu pertama dalam setiap bulannya. Tujuan dari diadakan KISS adalah untuk menambah keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa bagi warga sekolah khususnya warga muslim SMAN 16 Semarang. Kegiatan KISS diikuti oleh seluruh guru, karyawan dan siswa siswi SMA N 16 Semarang.

Pelaksanaan KISS pada hari Jumat, tanggal 11 Maret 2022 pukul 12.30 dilaksanakan secara langsung dan juga virtual melalui kanal youtube bertempat di Mushola Al-Aksyafi SMAN 16 Semarang. Kajian secara langsung diikuti oleh Kepala sekolah,  dewan guru dan seluruh karyawan, sedangkan secara virtual diikuti oleh siswa-siswi SMAN 16 Semarang, hal ini mengingat dalam pelaksanaanya masih dalam situasi pandemic covid-19. Adapun ceramah kajian diberikan oleh ustadz DR. H. Fakhrudin Aziz, Lc, M.Si dari UIN Walisongo Semarang. Kajian pada bulan Maret ini bertemakan isra’miraj Nabi Muhammad.

Dalam kajiannya Ustadz Fakhrudin memberikan pengetahuan untuk seluruh warga sekolah yang berkaitan dengan isra’miraj antara lain adalah pelajaran yang dapat dijadikan pegangan didalam diri kita untuk menjadi orang yang baik diantaranya  melalui personal alarm. Alarm pribadi ini digunakan oleh diri kita untuk menilai diri kita baik atau tidak. Personal alarm kita gunakan untuk mengingat sesuatu yang berkaitan dengan segala perbuatan kita, ketika kita melakukan kebaikan alarm dalam diri kita bisa kita hentikan sejenak dengan selalu mengingat Allah. Begitupun ketika kita melakukan keburukan atau kemaksiatan alarm kita hentikan dengan diikuti rasa menyesal. Ustadz Fakhrudin dalam ceramahnya juga memberikan wejangan bahwa menjadi orang baik cukup dengan 2 hal yaitu menjalin hubungan harmonis dengan Allah dan menjaga hubungan harmonis dengan sesama manusia.

Setelah sesi ceramah selesai, dilanjutkan dengan sesi “tanya dong ustadz”. Pada sesi ini membuka kesempatan kepada seluruh bapak ibu guru dan karyawan untuk menanyakan hal-hal yang berkitan dengan ceramah yang diberikan. Pada sesi ini ada beberapa guru yang menanyakan antara lain bu reni bertanya tentang arti keimanan dan mas rochimin bertanya tentang arti dari isra’mi’raj. Kajian pun berakhir dengan ditutup dengan doa bersama.