PTS atau Penilaian Tengah Semester dilaksanakan pada pertengahan semester dengan tujuan untuk mengetahui apakah materi yang sudah diberikan oleh guru setiap mata pelajaran selama setengah semester berlangsung pada kegiatan belajar mengajar sudah dipahami dengan baik atau belum oleh siswa.

SMA N 16 Semarang melaksanakan PTS semester 2 ini pada hari Senin  7 Maret 2022 dan berakhir senin 14 Maret 2022. PTS dilaksanakan selama 6 hari dan dilakukan secara daring ini mengingat pandemic covid 19 yang belum berakhir.  PTS diikuti oleh semua jenjang,  kelas X, XI, dan XII, dilaksanakan dari pukul 08.00 sampai 12.00. Dimana setiap hari dibagi kedalam 3 sesi yaitu sesi I pukul 08.00 – 09.00, sesi II 09.30 – 10.30, sesi III 11.00 – 12.00. setiap jenjang mengerjakan soal tes dengan jadwal yang berbeda beda.

Dalam pelaksanaanya,  PTS di SMA N 16 menggunakan aplikasi CBT mengingat  dilaksanakan secara daring. Aplikasi CBT atau Computer Based Tes adalah tes dengan system pelaksanaan menggunakan komputer atau HP sebagai media untuk melakukan tes. Cara mengakses CBT ini sangat mudah untuk para siswa selama PTS secara daring, yang pertama siswa harus login terlebih dahulu melalui link yang sudah dibagikan oleh sekolah, selanjutnya siswa memasukan username dan password yang sudah diberikan sebelum pelaksanaan PTS, kemudian siswa memilih kode soal sesuai jadwal yang sudah diberikan. Soal yang terdapat pada system CBT dibuat oleh guru sesuai dengan mapel masing masing. Sebelum guru membuat soal, terlebih dahulu mendownload template soal dan kunci jawaban pada link yang sudah diberikan operator. Kemudian guru menulis soaldan membuat kunci jawaban pada link tersebut.

Penulis: Reni Dwi Wardani,S.Pd