Ujian sekolah adalah ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan atau sekolah, berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Tujuan diselenggarakan Ujian Sekolah adalah untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai PKL pada akhir jenjang pendidikan

SMA N 16 Semarang melaksanakan Ujian sekolah selama 6 hari yaitu pada hari Senin 28 Maret 2022 dan berakhir Rabu  6 April 2022, dan dilakukan secara daring ini mengingat pandemic covid 19 yang belum berakhir.  Ujian Sekolah diikuti oleh semua siswa kelas XII, untuk hari senin 28 Maret 2022 – Rabu 30 Maret 2022 dibagi menjadi 3 sesi dan 3 mapel yang diujikan yaitu sesi 1 pada pukul 07.30 – 09.30, sesi 2 pukul 10.00 – 12.00, sesi 3 pukul 13.00 – 15.00.  Untuk hari Kamis 31   Maret – Rabu 6 April dibagi menjadi 2 sesi dan 2 mapel yang diujikan yaitu sesi 1 pukul  07.30 – 09.30, sesi 2 pukul 10.00 – 12.00. Sebelum Ujian Sekolah berlangsung, para siswa mengikuti breafing pagi  terlebih dahulu secara daring pada pukul 07.15 – 07.30. Breafing dilaksanakan oleh wali kelas bersama anak anak perwalianya.

Dalam pelaksanaanya,  Ujian Sekolah di SMA N 16 menggunakan aplikasi CBT mengingat  dilaksanakan secara daring. Aplikasi CBT atau Computer Based Tes adalah tes dengan system pelaksanaan menggunakan komputer atau HP sebagai media untuk melakukan tes. Cara mengakses CBT ini sangat mudah untuk para siswa selama Ujian Sekolah secara daring, yang pertama siswa harus login terlebih dahulu melalui link yang sudah dibagikan oleh sekolah, selanjutnya siswa memasukan username dan password yang sudah diberikan sebelum pelaksanaan Ujian sekolah, kemudian siswa memilih kode soal sesuai jadwal yang sudah diberikan.

Perangkat Ujian Sekolah yang meliputi soal, kartu soal, kisi kisi soal, kunci Jawaban  juga menggunakan aplikasi CBT, Perangkat Ujian sekolah  dibuat oleh guru sesuai dengan mapel masing masing. Sebelum guru membuat soal, terlebih dahulu mendownload template yang berisi soal, kunci jawaban, kisi kisi soal, dan kartu soal pada link yang sudah diberikan operator. Setelah perangkat siap kemudian perangkat tersebut dimasukan kedalam google form yang sudah dibagikan operator.

Penulis: Reni Dwi Wardani, S.Pd