Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah salah satu waktu yang sangat penting dalam dunia pendidikan. MPLS merupakan kegiatan pertama masuk sekolah yang bertujuan untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Kegiatan ini dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan memperat tali persaudaraan. MPLS juga sering digunakan sebagai sarana perkenalan peserta didik terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut.

Peserta didik baru SMA N 16 Semarang menjalani kegiatan MPLS yang disyaratkan jauh dari perpeloncoan. Pembukaan MPLS di SMA N 16 Semaramg dilaksanakan dalam 3 hari pada hari Senin, Selasa dan Kamis. Satu hari sebelum MPLS dimulai yaitu pada hari Jum’at dilaksanakan technical meeting MPLS. Peserta didik baru yang mengikuti MPLS di SMA N 16 Semarang terdiri dari 216 orang.

Kegiatan MPLS di SMA N 16 Semarang dilakukan di indoor maupun outdoor. Adapun kegiatan MPLS di hari pertama meliputi apel penyambutan, penampilan band SMA N 16 Semarang dan penyampaian materi struktur kurikulum, pengenalan fisik, fasilitas, sarana dan prasarana sekolah, serta pengenalan warga sekolah, stake holder, visi dan misi, program dan branding. Untuk hari kedua MPLS rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi PBB dan penyampaian materi yaitu pembinaan wawasan kebangsaan dan sosialisasi anti radikalisme, pendidikan lingkungan hidup, budaya positif dan P5 serta bahaya pergaulan bebas dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Rangkaian kegiatan hari ketiga terdiri dari pengenalan organisasi, ekstrakulikuler dan etikabirokrasi, demo ekstrakulikuler outdoor dan indoor, pengenalan OSIS dan MPLS serta dilanjutkan dengan penutupan MPLS oleh Kepala Sekolah Ibu Dr.Sri Wahyuni, M.Pd.

Penulis : Bianca, S.Pd Guru PPG SMA Negeri 16 Semarang