di SMA 16 Semarang

Belajar bahasa Inggris tidak lagi menjadi sebuah momok yang menakutkan di sekolah berkat penggunaan alat bantu teknologi yang berbentuk audio-visual dalam proses pembelajaran. Penggunaan audio-visual telah menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menarik di dalam kelas. Dalam menghadapi gempuran era teknologi informasi yang semakin maju, penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA 16 Semarang telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berbahasa Inggris para siswa.Metode inovatif ini menghadirkan suasana kelas yang interaktif dan memikat bagi para siswa. Pemanfaatan teknologi modern seperti proyektor, video dan rekaman audio menciptakan pengalaman belajar yang lebih hidup dan menyenangkan. Dengan pembelajaran menggunakan teknologi modern, peserta didik dapat merasa lebih terlibat dan antusias dalam memahami bahasa Inggris melalui gambar, video dan dialog yang menarik.
Penerapan teknologi dalam bentuk audio-visual dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA 16 Semarang membawa manfaat yang signifikan. Penyajian materi melalui gambar, video atau audio membuat siswa lebih mudah memahami konsep-konsep yang lebih kompleks. Visualisasi membantu mengklarifikasi arti kata, frasa, dan kalimat, sementara audio membantu meningkatkan kemampuan pendengaran dan pengucapan siswa.
Dengan adopsi metode pembelajaran ini, SMA 16 Semarang telah mengalami perubahan positif dalam pencapaian akademik siswa dalam Bahasa Inggris.Sebuah survei internal menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat secara keseluruhan. Para siswa merasa lebih terlibat dalam proses belajar dan merasa lebih termotivasi untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Dengan demikian, penggunaan alat bantu audio-visual telah membuktikan diri sebagai langkah efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMA 16 Semarang.Dengan penggunaan audio-visual yang kreatif dan efektif, belajar bahasa Inggris telah menjadi pengalaman menyenangkan yang memberikan dampak positif bagi perkembangan bahasa dan kemampuan komunikasi para siswa di SMA 16 Semarang.
Penulis : Diah Ismayanti, S.Pd
Guru SMA N 16 Semarang