Mengenal WFH

Mungkin dulu banyak pembaca yang bermimpi / berandai – andai kalau bekerja bisa dari rumah, tidak repot untuk datang ke kantor / sekolah hanya perlu menyalakan laptop atau PC untuk bisa terhubung ke pekerjaan. Bisa bekerja di rumah tanpa harus datang ke Kantor juga sering di gaungkan oleh para programer, desainer dan pekerjaan yang bisa langsung di kerjakan setelah bangun tidur tanpa repot untuk mandi, ganti baju atau sekedar gosok gigi. Dulu bekerja di rumah masih di anggap tabu (saru -red) karena menghilangkan tatap muka , interaksi sosial dan tentusaja basa basi sambil sesekali menyesap kopi. Sekarang Virus Corona (Covid-19) bisa setidaknya mengabulkan mimpi dan angan- angan untuk bekerja di rumah, ganasnya penyebaran dan banyaknya korban yang jatuh gara – gara virus ini sangat menghawatirkan setidaknya 170 ribu an jiwa di seluruh dunia telah menjadi korban (menurut https://www.worldometers.info/coronavirus/ ) per 21 April 2020 . Jadi.. apa itu WFH?

WFH singkatan dari Work From Home atau dapat di terjemahkan menjadi bekerja dari rumah, istilah ini sering kita dengar pada masa pandemi ini karena bermanfaat untuk memperlambat penyebaran virus. Seperti yang penulis utarakan di awal, istilah tersebut sebenarnya bukan istilah yang baru dalam dunia IT , Pendidikan, Pemerintahan bahkan sebelum masa pandemi ini sudah banyak programer atau desainer yang lebih nyaman bekerja dari rumah, bukan hanya karena alasan efektifitas tetapi juga kenyamanan dari pekerja tersebut. WFH dulu sering di juga pernah disebut sebagai Officeless, bekerja tanpa kantor semua pegawai terhubung satu dengan yang lainnya melalui jaringan Internet dan berkas – berkas dikirim melalui media elektronik sehingga populer dengan sebutan Officeless Paperless (tanpa ngantor tanpa nyetak -red).

Untuk dunia pendidikan rintisan pembelajaran online sudah bertahun tahun lalu di rilis, tetapi hasilnya masih tetap memilih pembelajaran dengan tatap muka, pengggunaan software untuk pembelajaran online juga tidak terlalu tinggi, setidaknya di daerah tempat penulis berada. Tetapi Pandemi ini mengubah itu semua dalam waktu singkat, pembelajaran tatap muka dihentikan setidaknya untuk 3 bulan sehingga mau tidak mau semua elemen pendidikan berlomba untuk menyajikan konten pembelajaran yang semua berorientasi online, sebut saja Google classroom, LMS Moodle, Ruangguru.com hingga penggunaan applikasi percakapan Whatsapp, Telegram, Facebook semua meningkat dengan tajam buka untuk saling menyapa dan salam , senyum, selfie tetapi untuk membaca materi dan mengumpulkan tugas.

computer, laptop, technology
ilustrasi bekerja dari rumah

Oke sekarang kita bicara tentang keuntungan WFH setidaknya menurut penulis. Menurut penulis bebrapa keuntungan atau kemudahan yang dirasakan penulis saat WFH antara lain :

  1. Efektivitas dan Produktivitas yang meningkat
    Penulis merasakan peningkatan dalam hasil pekerjaan dan kecepatan penyelesaian suatu pekerjaan dibanding bila dilakukan di kantor. kemungkinan hal ini berkaitan dengan fokus pekerjaan yang harus di selesaikan tanpa ada gangguan pekerjaan tambahan lain.
  2. Suasana bekerja yang lebih kondusif
    bukan berarti di kantor tidak mengenakkan tetapi anggap saja kalau di rumah anda bebas melakukan apa saja saat anda juga bekerja tanpa menggangu teman kerja anda
  3. Lebih banyak waktu untuk Keluarga
    Tentu saja karena bekerja di rumah pasti lebih dapat meluangkan waktu lebih untuk dekat dengan keluarga.
  4. Hemat uang jajan.
    Ya pasti kalau ini

Untuk kerugian (kelemahan) yang penulis rasakan antara lain :

  1. Jam Kerja yang dirasa tanpa batas
    Saat WFH anda dapat merasa nyaman bekerja terus hingga lupa waktu, karena tidak ada dering bel kerja yang mengingatkan anda untuk behenti bekerja
  2. Boros untuk kuota / pulsa
    Kuota / Pulsa di sini ada 2 yaitu Kuota Internet dan Pulsa Listrik yang pasti membengkak karena penggunaan PC yang intens
  3. Cepat Bosan
    Bagaimana tidak bosan yang anda hadapi ya cuma ruangan kerja di rumah, kita di batasai untuk tidak keluar
  4. Kurang nya alat dan bahan
    Beda saat di kantor anda mempunyai fasilitas kantor yang lengkap dengan meja dan kursi kerja yang memang di desain untuk bekerja, saat WFH anda bekerja dengan yang anda punya di rumah

Demikian tulisan saya tentang WFH, semoga tidak menambah pusing anda yang sedang bekerja di kantor, dan mari berdoa agar pandemi ini segera berakhir.