Sumber Ig @sman16_semarang

Pada tanggal 7 April 2022 UNNES Fakultas Bahasa Dan Seni Jurusan Bahasa Jawa menyelenggarakan lomba Media Pembelajaran Bahasa Jawa inovatif tingkat nasional yang diperuntukan oleh seluruh tenaga pendidik, mahasiswa, dan umum.

Menurut Rahma Ari Widihastuti, SPd, M.A selaku Ketua panitia, lomba media pembelajaran inovatif ini bertujuan unutuk memberikan wadah bagi guru dan mahasiswa, dan juga masyarakat umum untuk mencipta dan menyusun media pembelajaran Bahasa Jawa yang inovatif mengikuti perkembangan media teknologi lomba diikuti oleh 25 peserta dari guru, mahasiswa dan umum. Dalam pelaksanaan lomba peserta mengirimkan media pembelajaran ke panitia melalui laman yang sudah diberikan untuk kemudian diseleksi menjadi 10 besar finalis lomba media terbaik. Kemudian dari 10 finalis ini dilakukan wawancara atau presentasi media yang sudah dibuat dihadapan juri secara online/ Zoom meeting. Dari hasil presentasi ini diambil 5 besar finalis. Untuk kemudian diambil Juara 1, 2, 3 harapan 1 dan 2. Dengan ketentuan setiap finalis memperbaiki media yang sudah dibuat.

SMA N 16 Semarang berpartisipasi dalam lomba media pembelajaran tingkat nasional ini, yang diwakili oleh Ibu Reni Dwi wardani, S.Pd selaku guru bahasa Jawa. Ibu Reni berhasil meraih Juara harapan 1 dalam perlombaan ini. Beliau berharap media yang sudah dibuat bisa berguna untuk pembelajaran bahasa Jawa disekolah. Kepala ssekolah SMA N 16 Semarang Ibu Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan yang diperoleh oleh Bu Reni. “Selamat dan sukses atas prestasi yang diraih bu Reni kedepanya tambah semangat lagi, dan bisa menginspirasi teman teman yang lainya.” Ujar beliau dengan penuh antusias.