GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN (GSM ) SMAN 16 SEMARANG MENGEMBANGKAN KONSEP PEMBELAJARAN KOLABORASI ANTAR MAPEL DIMASA PANDEMI COVID 19

Merebaknya virus corona Covid-19 membuat metode belajar-mengajar berubah. Sekarang semua sekolah menerapkan belajar online atau belajar jarak jauh. Kendala utama yang di hadapi siswa dalam belajar online adalah ketersedian jaringan internet dan kesulitan memahami materi – materi yang baru terutama materi di bidang ilmu ilmu alam . Disamping itu ada rasa kejenuhan karena dalam rentang cukup lama , kurang lebih 4 jam harus menghadapi layar monitor HP/computer . maka tidak jarang saat live pembelajaran berlangsung anak hanya membuka link yang di ikuti sebagai prasyarat sudah mengikuti KBM

Mensikapi kejenuhan siswa dalam pembelajaran online , Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) SMAN 16 Semarang mengembangkan pembelajaran kolaborasi antar mapel  berbasis project. Dengan pembelajaran kolaboratif antar mapel berbasis project , diharapkan siswa dapat melakukan suatu project yang hasilnya dapat dinilai oleh guru mapel yang terlibat dalam kolaborasi, sehingga siswa tidak terbebani dengan banyaknya tugas dari masing – masing mata pelajaran.

Salah satu yang sudah dilaksanakan adalah Kolaborasi antar mapel kimia, fisika, bahasa inggris dan kewirausahaan. Dengan mengambil tema project Kewirausahaan : membuat agar – agar atau jeli . Sinkronisasi Kompetensi dasar masing-masing mapel yakni mata pelajaran kewirausahaan dengan kimia, bahasa inggris, Fisika. Mapel kimia mengambil kompetensi dasar Membuat makanan atau produk lain yang berupa koloid atau melibatkan prinsip koloid. Mapel Bahasa Inggris Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau sosial sesuai dengan konteks penggunaannya. Mapel PKWU membuat desain grafis untuk nama produk yang berbasis kewirausahaan. Mapel Fisika Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang fluida statis.

Kelebihan dari pembelajaran daring kolaborasi antar mapel berbasis project pertama Siswa lebih senang karena dalam satu kegiatan yang dilaksanakan bisa langsung dinilai oleh banyak guru dari mapel yang terlibat. Kedua dengan tema kewirausahaan dapat menumbuh kembangkan jiwa wirausaha . Ketiga Project sederhana yang mudah dilaksanakan dengan bahan – bahan yang mudah di dapatkan di sekitar rumah.

Penulis : Sugiarto S.Pd Kim ( Guru Kimia & Ketua GSM di SMA N 16 )

Editor : Sigit Pandu Cahyono