Oleh: Nimas (Pengurus Osis 2021-2021)

      Di Sekolah Menengah Atas terdapat 2 Organisasi dimana keberadaan nya sangat membantu komunikasi antara siswa di sekolah tersebut, Organisasi tersebut adalah MPK dan OSIS. MPK bertugas mengawasi kinerja OSIS dalam menjalankan tugas dan program kerjanya selama masa jabatannya berlangsung, serta mewadahi seluruh aspirasi siswa agar tersampaikan dengan baik kepada pihak sekolah, guru, pembina, ataupun kepada pengurus OSIS. Sedangkan OSIS sebagai wadah bagi peserta didik di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi sekolah. Jabatan MPK saling melengkapai kinerja OSIS karena MPK bertugas memantau, mengawasi dan membantu tugas-tugas dari OSIS.

      Masa jabatan 1 periode pengurus OSIS/MPK adalah 1 tahun atau 2 semester. Dan bila 1 tahun sudah berlalu maka pengurus pada tahun itu akan melaporkan kinerja nya selama 1 periode masa jabatannya, dan mempersiapkan pengurus yang baru atau Reorganisasi. Dimulai dari perekrutan anggota, seleksi, LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), PEMILOS (Pemilihan Ketua OSIS/MPK), dan di akhiri Serah Terima Jabatan. Sama hal nya dengan SMAN 16 Semarang yang sudah waktunya berganti pengurus OSIS/MPK nya dikarenakan sudah 1 tahun menjabat.

      Maka dari itu kami pengurus OSIS/MPK mempersiapkan calon pengurus baru guna melaksanakan reorganisasi OSIS/MPK. Dimulai dengan perekrutan calon pengurus OSIS/MPK pada tanggal 23 – 30 September 2021, untuk siswa siswi SMAN 16 Semarang kelas X dan XI yang berminat menjadi pengurus OSIS/MPK.

      Dilanjutkan proses seleksi pada tanggal 2 – 4 Oktober 2021, dimana terdapat 2 tes yang dilaksanakan secara online yakni tes tertulis dan tes wawancara dengan menjawab soal yang diberikan melalui video. Lalu 12 orang terbaik akan diajukan menjadi kandidat ketua OSIS dan MPK dengan melaksanakan seleksi lagi di tanggal 8 Oktober 2021 secara offline di sekolah setelah jam pelajaran berakhir dengan prokes yang ketat. Dalam tes ini ada 2 sesi, yaitu tes pengetahuan dan kecakapan kandidat calon ketua mengambil keputusan terkait dengan kondisi yang diberikan, serta yang terakhir debat visi misi dengan sesama peserta, dan panitia.

      Setelah itu diumumkan 6 kandidat calon, yaitu 3 kandidat calon ketua OSIS dan 3 kandidat calon ketua MPK. Lalu kurun waktu 2 hari kandidat calon ketua mempersiapkan kampanye nya dengan dibantu tim sukses yang akan membantu jalannya kampanye. Kampanye ini berupa poster dukungan dan orasi visi misi secara online selama 3 hari, yang mulai dari 11 Oktober 2021 sampai 13 Oktober 2021. Dan di tanggal 14 Oktober 2021 merupakan hari netral dimana pada tanggal ini tidak ada kampanye dari kandidat calon ketua dalam bentuk apapun, serta di tanggal 15 Oktober 2021 merupakan hari bagi SMAN 16 Semarang memilih pemimpin yang baru.

      Hari pemilihan pun tiba, seluruh warga sekolah SMAN 16 Semarang melaksanakan pemilihan pemimpin nya yang baru. Dimulai dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 15.00, melalui platform yang telah disediakan sekolah. Pertama kita masuk ke platform pemilihan melalui link yang di share, kemudian memasukkan NIS/NIP dan token yang mana setiap siswa, guru serta karyawan berbeda. Nah token ini sudah di share di hari sebelum dilaksanakannya Pemilihan Osis (Pemilos), jadi tidak ada kecurangan dalam pemlihan dan juga seluruh warga sekolah dihimbau juga untuk tidak golput atau tidak memilih sama sekali. Setelah memasukkan NIS/NIP dan token layar akan ditampilkan kandidat ketua OSIS, lalu layar berikutnya kandidat ketua MPK. Nah pada layar tampilan kandidat ketua, kita bisa memilih kandidat yang akan kita pilih.

Perekrutan Calon Pengurus OSIS/ MPK Baru, dimulai dengan perekrutan calon pengurus OSIS/MPK pada tanggal 23 – 30 September 2021, untuk siswa siswi SMAN 16 Semarang kelas X dan XI yang berminat menjadi pengurus OSIS/MPK. Dengan memanfaatkan media sosial instagram untuk mempromosikan perekrutan calon pengurus OSIS/MPK yang baru dan juga menyampaikan kepada ketua kelas untuk disampaikan ke kelas masing masing

Seleksi Tahap 1

Dilanjutkan proses seleksi pada tanggal 2 – 4 Oktober 2021, dimana terdapat 2 tes yang dilaksanakan secara online yakni tes tertulis dan tes wawancara dengan menjawab soal yang diberikan melalui video.

Seleksi Tahap 2

12 orang terbaik akan diajukan menjadi kandidat ketua OSIS dan MPK dengan melaksanakan seleksi lagi di tanggal 8 Oktober 2021 secara offline di sekolah setelah jam pelajaran berakhir dengan prokes yang ketat. Dalam tes ini ada 2 sesi, yaitu tes pengetahuan dan kecakapan kandidat calon ketua mengambil keputusan terkait dengan kondisi yang diberikan, serta yang terakhir debat visi misi dengan sesama peserta, dan panitia.

Kampanye Online

Penyampaian Visi Misi semua kandidat calon ketua dan promosi kampanye dalam bentuk video dan poster dukungan, serta di promosikan melalui media sosial. Seperti Whatsapp, YouTube, Instagram, dan sebagai nya.

Kampanye online di Youtube

Kampanye online di Whatsapp

Kampanye Online di Instagram

Pemungutan suara secara Online melalui platform yang sudah disedakan sekolah

Hasil Pemungutan Suara

Dari 347 jumlah pemilih Auliya Anas Tasya terpilih menjadi ketua OSIS dan Widya Novita Salsabila terpilih menjadi ketua MPK. Jika melihat jumlah riil pemilih hanya berkisar 340 pemilih yang harus nya 645 dari siswa dan 50 dari Guru Karyawan. Sangat disayangkan masih banyak yang tidak menggunakan hak pilihnya, dan ini harus menjadi perhatian lebih untuk dibenahi ditahun tahun berikutnya agar lebih baik lagi.