Antusiasme Siswa mengikuti PERGELARAN TARI “CERITA RAKYAT”

Oleh: Yunik Ekowati, S.Pd, M. Pd

Semarang, 22-23 Januari 2020 SMA Negeri 16 Semarang mempersembahkan Pergelaran Tari dengan mengambil tema “Cerita Rakyat”. Peserta Pergelaran Seni Tari dilaksanakan pada hari rabu-kamis itu bertempat di lapangan volley SMA Negeri 16 Semarang. Adapun Pergelaran di ikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas XII yang berjumlah 213 siswa. Terdiri dari kelas XII MIPA1-3 terdiri dari 18 karya dan kelas XII IPS1-3  terdiri 20 karya. Jadi total penampilan karya terdiri dari 38 karya tari yang ditampilkan secara kelompok maupun individu. Adapun proses penggarapan karya sudah dimulai sejak kelas XII semester gasal, mulai dari konsep, tema tarian, berlatih menyusun gerakan tari, mencipta dan system penyajian karya. Sehingga di semester genap, siswa sudah mulai mendapat materi untuk pergelaran.

Ceking karya disemester genap oleh guru pengampu pelajaran, dilakukan untuk memberi masukan, pengarahan, contoh gerakan dan penerapan dalam karya masing-masing kelompok. Caranya adalah dengan menampilkan hasil karya masing-masing kelompok, yang sudah dikerjakan sejadinya kemudian dievaluasi bersama dengan panduan guru mapel. Dalam proses evaluasi dan ceking karya semua penari atau kelompok menyampaikan maksud da nisi tarian, serta menyampaikan kesulitan yang dialami saat proses penciptaan karya. Sehingga guru pembimbing mengetahui maksud, isi karya dan kendala yang dihadapi.

Guru pengampu Ibu Yunik Ekowati, S.Pd memberikan masukan dan saran sesuai porsi karya masing-masing kelompok, jadi kelompok satu dengan yang lain masukan dan sarannya berbeda-beda. Judul karya pergelaran tari kelas XII pada tahun 2020 ini antara lain sebagai berikut:

XII IPS 1: Jaka Tingkir, Rontek, Tangkuban Perahu, Anomam Obong, Malinkundang, Jaranan

XII IPS 2: Dewi Anjani, Jaka Tarub, Surabaya, Roro Jonggrang, Rawa Pening, Legenda Pulau Nusa.

XII IPS 3: Tangkuban Perahu, Klenting Kuning, Asmaradana, Kidung Katresnan Srikandi, Bondan Langen Sayuk, Lutung Kasarung, Rampak Buto Gedrug, Prajurit Pandan Sari,

XII IPA 1: Roro Jonggrang, Ramayana, Asmaradana, Borobudur, Tari Cheng ho Roro Jonggrang

XII IPA 2: Candi Badut, Enggang, Kalinyamat, Prajurit Wira Pratiwi, Sesaji Rewanda,

XII IPA 3: Perang Kembang, Tari Barongsai, Tampah Bubrah, Jaka Tarub dan Bidadari, Dewi Sangga Langit, Topeng Ganongan Silat, Jaranan.

Adapun tujuan dari ujian Pergelaran Seni Tari di SMA Negeri 16 Semarang adalah untuk mewadahi bakat siswa dalam bidang seni tari, bagi kelas X dan XI untuk bahan apresiasi karya seni tari, karena sangat jarang siswa bisa keluar dan menyaksikan secara langsung pertunjukan seni tari, meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya seni tari.

Harapan dari acara Pergelaran Seni Tari kelas XII, kedepan bisa muncul generasi berbakat dan berprestasi khususnya dalam bidang seni tari. Berkolaborasi dengan mata pelajaran lain yang berkaitan, serta program-program sekolah yang mendukung dan memaksimalkan dalam kemajuan sekolah kedepannya. Sehingga bisa menunjukkan kemampuan siswa-siswi SMA Negeri 16 Semarang ke masyarakat umum.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.