Siswa SMA N 16 Semarang Lakukan Sosialisasi Kegiatan Berpramuka di rumah dengan Media Sosial Instagram

Semarang  (SMA N 16 Semarang ) –  Kegiatan Pramuka identik dengan kegiatan yang mengajarkan berbagai keterampilan dan nilai-nilai yang membentuk kepribadian seperti kegiatan baris – berbaris atau latihan dengan menggunakan fisik, tali, sandi morse dan lain sebagainya.

Namun, saat pandemi saat ini, beberapa kegiatan pembelajaran termasuk pramuka harus ditiadakan sementara agar tidak terjadi penyebaran wabah corona yang lebih luas. Melihat hal tersebut, Pramuka SMA N 16 Semarang  tidak kehabisan ide untuk tetap aktif beraktivitas.

“Yang melatarbelakangi tetap berlangsungnya kegiatan Pramuka SMA N 16 Semarang   ini ialah nilai-nilai pramuka yang bisa tumbuh kembang dimanapun berada, walaupun masih pandemi.

Selama latihan rutin ini, dijelaskan bahwa dalam setiap pertemuan akan diberikan materi yang dikirim dalam bentuk file ataupun sejenisnya. Dan para pembina satuan biasanya memvariasikan bentuk latihan rutin dengan memanfaatkan media digital yang serba canggih.

Pada jumat, 19 februari 2021 peserta didik terutama kelas X diasah kreativitasnya melalui materi orientasi kepramukaan di Pangkalan SMA N 16 Semarang dengan memanfaatkan media sosialnya masing-masing yakni Instagram untuk mensosialisasikan bahwa pramuka bisa dilakukan dirumah.

“Latihan secara virtual ini tentunya tidak lebih baik daripada kegiatan yang dilakukan secara bertatap muka langsung, tapi dengan adanya kerja sama antara semua pihak dan dukungan dari Kak Wiwin Sri winarni S,S selaku Kamabigus (Kepala Sekolah)  semoga kegiatan kepramukaan di SMA N 16 Semarang berjalan dengan baik serta membuat anak didik menjadi manusia yang berbudi luhur sesuai dengan trisatya dan dasa darma pramuka.

Penulis: Sigit Pandu