Sumber Foto: Fajar Firdaus

Semarang, 4 Oktober 2021 SMAN 16 Semarang mengadakan In House Training (IHT) penulisan artikel dalam rangka program Pioner Sekolah Literasi SMA 16 Semarang. Kegiatan ini merupakan program yang dilaksanakan oleh sekolah berkaitan dengan terpilihnya naskah salah satu guru SMAN 16 Semarang yaitu Yunik Ekowati, M. Pd dalam “The Biggest Event Of Literasi” 1000 Guru Motivator Literasi Gerakan Indonesia Menulis Mewujudkan Sekolah Literasi Nasional.

Program yang harus dilaksanakan oleh Guru Motivator Literasi (GML) adalah mengadakan Wisata Literasi Kepala Sekolah atau WLK, Wisata Literasi Guru atau WLG, dan Wisata Literasi Siswa atau WLS. Upaya yang dilakukan untuk mensukseskan program tersebut SMA 16 Semarang menggerakkan seluruh guru dan karyawan serta siswa untuk menulis artikel dan puisi/pantun. Selain itu melalui IHT ini menghadirkan nara sumber yang ahli dibidangnya yaitu Drs. Agung Purwoko, M.Pd. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa inti dalam menulis dengan mudah adalah “seng penting nulis, ojo dipikir” artinya yang penting menulis saja jangan dipikir panjang. Justru jika terlalu dipikir, akan menghambatan ide yang akan ditulis.

Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat menunjang keterampilan guru dan karyawan SMAN 16 Semarang dalam menulis sebuah artikel. “Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan skill menulis bapak/ibu guru dan karyawan SMAN 16 Semarang. Saya harap berharap setelah pelatihan ini selesai akan muncul karya dari bapak/ibu guru dan karyawan yang tercipta”, kata bu Wiwin Sri Winarni kepala SMAN 16 Semarang. Pelatihan yang berlangsung dari pagi sampai sore hari ini berlangsung dengan lancar dan diakhiri dengan pengumpulan karya bapak/ibu guru dan karyawan berupa Outline (garis besar) dari artikel yang akan mereka tulis.