Info Sekolah
Kamis, 19 Sep 2024
  • Jadwal daftar ulang PPDB 2024 dapat dilihat pada situs ini
  • Jadwal daftar ulang PPDB 2024 dapat dilihat pada situs ini
30 Agustus 2024

Kolaborasi Hebat! SMA N 16 Semarang dan Puskesmas Mijen Sukseskan Gerakan Aksi Bergizi

Jum, 30 Agustus 2024 Dibaca 7x Info Sekolah

Gemuruh semangat pagi membahana di halaman SMA N 16 Semarang saat ratusan peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan mengikuti Gerakan Aksi Bergizi pada hari Jumat, 30 Agustus 2024 dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:

1. Senam bersama di halaman sekolah

2. Makan bersama dan minum tablet tambah darah secara serentak

3. Edukasi tentang makanan sehat

Gerakan aksi bergizi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah dalam membiasakan untuk mengkonsumsi tablet tambah darah, konsumsi gizi seimbang dan aktifitas fisik. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bukti nyata komitmen sekolah dalam mewujudkan generasi muda yang sehat dan cerdas.

Dr. Sri Wahyuni, M.Pd., selaku Kepala SMA Negeri 16 Semarang sangat mendukung kegiatan gerakan aksi bergizi sesuai dengan pernyataan beliau bahwa adanya gerakan aksi bergizi dapat menjadi pengingat dan menyadarkan peserta didik untuk sarapan pagi dengan tertib sehingga menambah konsentrasi peserta didik dalam pembelajaran.

Seluruh peserta gerakan aksi bergizi tampak bersemangat dalam mengikuti satu demi satu gerakan senam yang dipandu oleh instruktur senam. Senam ini sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik, membangun kekuatan tubuh, melatih ketrampilan motorik, koordinasi dan keseimbangan sehingga dengan melakukan olahraga senam secara teratur akan membuat kesehatan dan perkembangan fisik peserta didik menjadi lebih baik.

Didampingi wali kelas, peserta didik duduk membentuk lingkaran untuk memulai makan bersama, minum tablet penambah darah, dan mengikuti edukasi makanan sehat dengan tema “Isi Piringku”. Isi Piringku merupakan pedoman yang disusun oleh Kementerian Kesehatan untuk mengampanyekan konsumsi makanan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Dalam satu piring setiap kali makan, setengah piring diisi dengan sayur dan buah, sedangkan setengah lainnya diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk.

Gerakan aksi bergizi ini diikuti oleh 637 peserta didik, bapak/ibu guru dan tenaga pendidik, serta mahasiswa PPL dari UIN Walisongo Semarang dan Universitas Negeri Semarang. Kegiatan “Gerakan Aksi Bergizi” ini mendapat respon positif dari seluruh peserta karena kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi mereka

Adanya “Gerakan Aksi Bergizi” memberikan pemahaman dan informasi yang benar terkait pangan Beragam Bergizi Seimbang Aman (B2SA) yang dulu dinamakan makanan 4 sehat 5 sempurna. Pangan B2SA sangat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan gizi dan karbohidrat. Oleh karena itu, maka perlu diadakan kegiatan secara berkelanjutan dengan terus menyampaikan dan menganjurkan peserta didik mengkonsumsi pangan lokal yang sehat, bersih, beragam lagi bergizi dalam setiap kesempatan.